Loading..
Sponsored By :GoogleAdsense.

Monday, June 6, 2011

CONTOH PEMBUATAN KERANGKA DAN INSTRUMEN PENELITIAN KUANTITATIF

1. Masalah
Minat belajar siswa SMP Negeri 3 Cimahi meningkat tetapi prestasi belajar siswa kurang

2. Variabel
1) Variabel Independen (X)
a. Minat belajar siswa
b. Kompetensi Guru
2) Variabel Dependen (Y)
Prestasi belajar siswa

3. Paradigma penelitian
Berdasarkan variabel tersebut dapat dibuat paradigma penelitian sebagai berikut :


4. Rumusan masalah penelitian
Dalam kasus ini rumusan masalah hanya dua, yaitu : rumusan masalah deskriptif dan rumusan masalah asosiatif.
a. Rumusan masalah deskriptif
1. Bagaimana minat belajar siswa pada SMP Negeri 3 Cimahi?
2. Bagaimana kompetensi guru pada SMP Negeri 3 Cimahi?
3. Bagaimana tingkat prestasi belajar siswa pada SMP Negeri 3 Cimahi?

b. Rumusan masalah asosiatif
1. Korelasi linear/sederhana (ada 3 rumusan)
a. Adakah hubungan antara minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 3 Cimahi?
b. Adakah hubungan antara kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 3 Cimahi?
c. Adakah hubungan antara minat belajar siswa terhadap kompetensi guru SMP Negeri 3 Cimahi?

2. Korelasi ganda
Adakah korelasi antara minat belajar siswa dan kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 3 Cimahi?

5. Judul Penelitian adalah :
“Pengaruh minat belajar siswa dan kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 3 Cimahi”

6. Hipotesis yang dapat diajukan dalam penelitian ini ada dua yaitu hipotesis deskriptif dan hipotesis asosiatif.
a. Hipotesis deskriptif
1. Minat belajar siswa pada SMP Negeri 3 Cimahi telah mencapai 80% standar.
2. Kompetensi guru pada SMP Negeri 3 Cimahi telah mencapai 65% standar.
3. Prestasi belajar siswa SMP Negeri 3 Cimahi mencapai 70% dari yang diharapkan.

b. Hipotesis asosiatif
1. Korelasi linear (sederhana) ada 3 rumusan :
a. Ada korelasi yang positif dan signifikan antara minat belajar siswa dan prestasi belajar siswa SMP Negeri 3 Cimahi.
b. Ada korelasi yang positif dan signifikan antara kompetensi guru dan prestasi belajar siswa SMP Negeri 3 Cimahi.
c. Ada korelasi yang positif dan signifikan antara minat belajar siswa dan kompetensi guru SMP Negeri 3 Cimahi.

2. Korelasi ganda (ada satu rumusan)
Ada korelasi yang signifikan antara minat belajar siswa dan kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 3 Cimahi.

7. Teori yang harus dibahas dalam penelitian ini :
a. Teori tentang minat belajar siswa
b. Teori tentang kompetensi guru
c. Teori tentang prestasi belajar siswa

8. Pembuatan instrument penelitian terdiri dari dua hal yaitu :
No Variabel Indikator Responden Bentuk Soal No. Soal
1 Minat belajar siswa a. Kenyaman dalam pelaksanaan belajar mengajar
b. Efisiensi
c. Tingkat efektifitas belajar
d. Lingkungan sekolah
 Siswa, orang tua, guru, staf


 Sda
 Sda


 Sda Checklist




Sda
Sda


Sda 1, 2, 3, 4, 5




6, 7, 8, 9, 10
11,12,13,14,15


16,17,18,19,20

2 Kompetensi guru a. Hubungan guru dengan siswa
b. Cara mengajar
c. Menguasai teori pembelajaran
 Staf, guru, siswa

 Sda
 Sda Pilihan ganda
Sda
Sda
21,22,23,24,25

26,27,28,29,30
31,32,33,34,35
3 Prestasi belajar siswa a. Nilai hasil belajar
b. Pemahaman siswa dalam menerima pelajaran
c. Bahan pembelajaran siswa  Staf, guru, orang tua, siswa

 Sda

 Sda


Semantic diferensial
Sda

Rating scale
36, 37, 38

39, 40, 41

42, 43, 44, 45

Soal-soal
1. Minat Belajar Siswa
Instrumen yang diperlukan untuk mengungkapkan variable Minat Belajar Siswa dari suatu lembaga/sekolah. Sumber datanya adalah siswa, guru, staf dan orang tua. Bentuk instrumennya adalah checklist. Untuk itu digunakan sebagai pedoman observasi, wawancara, maupun sebagai angket.

Mohon dijawab sesuai dengan situasi yang sebenarnya dengan cara memberi tanda ( √ ) pada kolom jawaban yang telah tersedia. SS = Sangat Setuju; S = Setuju; Rg = Ragu-ragu; TS = Tidak Setuju; ST = Sangat Tidak Setuju.

No Daftar Pertanyaan Jawaban
SS S Rg TS ST
1. Ketika sedang belajar, tuntutan saya untuk mengerti pelajaran sangat tinggi
2. Saya sering berdiskusi secara langsung dengan guru
3. Anda merasa senang jika diberi tugas atau soal-soal oleh guru
4. Saya selalu mengenali permasalahan yang ada di lingkungan sekolah saya saat ini
5. Sebagian besar siswa tahu akan visi, misi dan tujuan sekolah
6. Saya mampu membuat keputusan untuk menjawab soal dalam waktu tertentu
7. Siswa merasa bertanggung jawab atas pendidikan dan berniat mengevaluasi diri secara terus menerus
8. Saya mau mengambil resiko dan berpikir keras untuk selalu dapat belajar dengan baik
9. Apakah selama ini anda mempunyai kemampuan dan kesediaan belajar secara aktif, kreatif dan inovatif melalui pengajaran dengan cara-cara yang baru yang meningkatkan hasil belajar
10. Dalam melakukan tugas atau suatu kerja kelompok saya selalu berorientasi pada keberhasilan
11. Apakah anda datang ke sekolah tepat waktu
12. Belajar di luar jam sekolah
13. Saya selalu menepati waktu dalam menyelesaikan tugas yang diberikan walaupun dengan waktu yang singkat
14. Saya sering tidak punya waktu untuk bermain dan bersenang-senang
15. Biasanya saya belajar dengan pembelajaran yang diberikan
16. Lingkungan sekolah saya sangat nyaman
17. Siswa merasa bertanggung jawab untuk memperindah lingkungan sekolah
18. Apakah anda selalu membersihkan lingkungan sekolah
19. Apakah menanam pohon di lingkungan sekolah termasuk pembelajaran untuk siswa mengenai penghijauan
20. Saya sering menghabiskan waktu di taman sekolah pada jam istirahat

2. Kompetensi Guru
Instrumen yang diperlukan untuk mengungkapkan variabel Kompetensi Guru dari suatu lembaga/perusahaan. Sumber datanya adalah para siswa, guru, staf dan orang tua. Bentuk instrumennya adalah multiple choice, untuk itu dapat digunakan sebagai pedoman observasi, wawancara, maupun sebagai angket.

Mohon pertanyaan-pertanyaan berikut dijawab sesuai dengan hasil pengamatan Bapak/Ibu/Saudara. Pilihlah jawaban yang anda anggap benar dengan memberi tanda (X) pada salah satu jawaban.

21) Adakah perbedaan sikap yang di berikan guru terhadap siswa tertentu?
a) Ada
b) Sering
c) Tidak ada

22) Apakah terdapat kesetiakawan antara guru dan siswa?
a) Semuanya
b) Sebagian
c) Tidak sama sekali

23) Bagaimanakah sikap guru mengajar di dalam kelas?
a) Baik
b) Biasa saja
c) Kurang ramah

24) Bagaimanakah sikap guru menangani siswa yang tidak mengerjakan tugas?
a) Di hukum
b) Di diamkan saja
c) Di marahi

25) Takutkah siswa dengan guru nya?
a) Takut
b) Biasa saja
c) Tidak takut

26) Berapa kali kah guru memberi tugas dalam satu bulan?
a) 2 kali
b) 3 kali
c) 4 kali

27) Mengertikah siswa dengan cara ajar yang disampaikan oleh gurunya?
a) Sangat Mengerti
b) Cukup Mengerti
c) Tidak mengerti

28) Apakah guru tersebut selalu memberi tugas setiap minggu?
a) Ya
b) Kadang-kadang
c) Tidak

29) Bahan ajar apa saja yang digunakan oleh guru untuk mengajar?
a) Foto copyan
b) Buku
c) Soal-soal latihan

30) Apakah bahan ajar yang diberikan guru selalu berbentuk foto copy an?
a) Ya
b) Kadang-kadang
c) Tidak

31) Seberapa bisa guru tersebut menguasai teori pembelajaran?
a) Sangat bisa
b) Bisa
c) Kurang bisa

32) Apakah pada saat mengajar guru selalu membawa handbook?
a) Ya
b) Kadang-kadang
c) Tidak

33) Jelaskah cara guru tersebut menerangkan pelajaran kepada siswanya?
a) Sangat jelas
b) Kurang jelas
c) Tidak jelas

34) Sudah berapa lama kah guru tersebut mengajar?
a) > 5 tahun
b) 5 tahun
c) < 5 tahun 35) Apakah guru tersebut merespons dengan cepat siswanya yang bertanya? a) Ya b) Kadang-kadang c) Tidak 3. Prestasi Belajar Siswa Instrumen yang diperlukan untuk mengungkapkan variabel Prestasi Belajar Siswa dari suatu lembaga/sekolah. Sumber datanya adalah para siswa, guru dan orang tua. Bentuk instrumennya adalah semantic differensial dan rating scale. Untuk itu dapat digunakan pedoman observasi, wawancara, maupun sebagai angket. Jawaban diberikan dengan cara memberi tanda lingkaran pada angka yang sesuai dengan pendapat Bapak/Ibu/Saudara sesuai dengan yang sebenarnya terjadi. Nilai Hasil Belajar 36) Lebih dari memuaskan 5 4 3 2 1 Kurang memuaskan 37) Lebih dari rata-rata 5 4 3 2 1 Kurang dari rata-rata 38) Didapat dari belajar di 5 4 3 2 1 Didapat dari belajar di Sekolah Kursus Pemahaman Siswa Dalam Menerima Pelajaran 39) Sangat Paham 5 4 3 2 1 Kurang Paham 40) Sangat Mengerti 5 4 3 2 1 Kurang Mengerti 41) Belajar dari Buku 5 4 3 2 1 Bukan belajar dari buku Mohon dijawab item-tem instrumen bahan pembelajaran siswa di sekolah Bapak/Ibu/Saudara. Jawaban diberikan dengan cara memberi tanda lingkaran pada angka yang sesuai dengan pendapat Bapak/Ibu/Saudara. No Item Pertanyaan untuk Bahan Pembelajaran Siswa Interval Jawaban 42 Kualitas buku yang dipakai untuk belajar 3 2 1 43 Informasi ilmu yang diberikan selalu baik dan benar 3 2 1 44 Biaya yang dikeluarkan untuk fotocopyan atau pembelian buku pelajaran 3 2 1 45 Penguasaan ilmu yang diberikan oleh guru 3 2 1 LEMBAR JAWABAN 1. Minat Belajar Siswa Untuk No. 1 s/d 20 mohon dijawab sesuai dengan situasi yang sebenarnya dengan cara memberi tanda ( √ ) pada kolom jawaban yang telah tersedia. SS = Sangat Setuju; S = Setuju; Rg = Ragu-ragu; TS = Tidak Setuju; ST = Sangat Tidak Setuju. No Jawaban SS S Rg TS ST 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12. 13. 14. 15. 16. 17. 18. 19. 20. 2. Kompetensi Guru Untuk No. 21 s/d 35 pilihlah jawaban yang anda anggap benar dengan memberi tanda (X) pada salah satu jawaban 21. a b c 22. a b c 23. a b c 24. a b c 25. a b c 26. a b c 27. a b c 28. a b c 29. a b c 30. a b c 31. a b c 32. a b c 33. a b c 34. a b c 35. a b c 3. Prestasi Belajar Siswa Untuk No. 36 s/d 41 jawaban diberikan dengan cara memberi tanda lingkaran pada angka yang sesuai dengan pendapat Bapak/Ibu/Saudara sesuai dengan yang sebenarnya terjadi. 36. 5 4 3 2 1 37. 5 4 3 2 1 38. 5 4 3 2 1 39. 5 4 3 2 1 40. 5 4 3 2 1 41. 5 4 3 2 1 Untuk No. 42 s/d 45 jawaban diberikan dengan cara memberi tanda lingkaran pada angka yang sesuai dengan pendapat Bapak/Ibu/Saudara. No Interval Jawaban 42. 3 2 1 43. 3 2 1 44. 3 2 1 45. 3 2 1 9. Tabulasi Nama : Novita Lestari A NIM : TI101108 Jurusan : Teknik Informatika Tabulasi jawaban 40 Responden tentang Minat Belajar Siswa Nomor Responden Jawaban Responden untuk Item Nomor Jumlah Skor 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 5 4 4 4 5 5 4 5 5 4 4 4 4 5 5 5 4 4 5 5 5 5 4 4 4 4 4 5 4 5 4 5 5 4 4 4 5 5 4 4 2 2 1 2 1 1 2 2 2 1 2 1 2 1 1 1 2 2 2 2 2 1 1 2 1 1 1 1 1 1 2 2 1 2 2 2 1 1 1 1 5 4 3 2 4 5 3 3 4 4 4 5 3 4 3 3 3 3 3 4 4 5 2 3 4 4 4 4 3 5 3 3 3 4 4 5 3 3 3 4 3 4 4 3 2 1 1 3 4 2 2 2 4 4 4 4 3 3 2 2 4 2 3 4 2 2 3 3 4 4 4 2 2 3 3 4 2 2 4 3 5 4 5 4 5 4 4 4 5 5 4 3 3 3 4 5 4 5 3 5 5 4 4 3 3 5 4 3 4 4 5 3 3 3 5 5 4 4 3 5 3 3 4 4 4 5 3 4 3 3 3 3 3 4 4 4 3 3 3 4 4 4 4 3 3 4 4 4 3 4 3 4 3 3 4 3 4 4 3 3 4 4 4 5 5 4 5 4 5 5 4 5 5 4 4 5 5 4 5 4 5 5 4 5 4 4 5 4 5 4 5 5 4 4 5 4 5 4 5 4 5 4 5 3 4 4 3 4 5 5 5 3 5 3 4 5 4 4 2 2 5 4 4 3 4 2 5 2 4 4 2 5 3 4 5 3 4 3 3 3 5 4 3 4 5 5 4 5 5 3 4 4 4 5 3 5 3 4 5 5 3 5 4 4 3 4 5 4 5 4 5 5 4 4 4 5 5 4 4 3 5 4 5 3 5 3 4 4 2 5 4 3 5 4 5 5 5 4 3 4 4 5 3 5 4 4 2 3 5 4 5 4 5 5 4 5 4 4 3 5 4 4 3 3 5 4 4 3 3 4 5 4 4 5 5 5 3 3 5 4 4 3 3 5 4 4 3 3 4 5 4 4 5 5 5 3 3 5 4 4 5 4 5 5 3 4 5 5 5 4 5 4 5 4 5 4 4 5 4 4 3 4 5 5 3 4 4 3 3 4 5 3 5 4 4 5 5 5 3 3 4 3 5 4 3 4 3 3 2 5 3 5 2 2 3 2 4 3 2 4 3 5 2 5 3 4 3 3 4 2 4 3 5 2 2 3 2 5 4 3 5 3 5 4 3 4 3 3 2 5 4 5 4 5 3 4 5 4 3 5 2 5 4 3 4 3 3 2 5 4 3 4 5 4 5 4 5 5 2 5 4 4 5 4 3 4 3 3 4 5 3 4 5 3 3 5 4 4 4 4 5 4 3 4 3 3 4 5 3 5 4 3 3 5 3 4 4 4 4 5 4 4 4 5 5 5 4 4 4 3 5 5 4 5 4 5 4 4 5 4 5 4 5 5 4 4 5 5 4 4 4 3 5 4 5 5 5 4 4 5 4 4 4 5 3 4 3 4 4 5 4 3 5 4 4 3 3 4 5 4 4 5 3 4 3 4 4 5 4 5 3 5 4 4 3 3 4 5 4 4 5 4 5 4 5 4 4 3 4 5 4 5 4 5 4 5 4 4 5 4 4 5 4 5 4 4 3 4 5 4 5 4 5 4 5 4 4 5 4 4 4 4 5 4 5 4 4 4 5 4 5 4 5 4 5 5 4 4 5 5 4 4 4 5 4 5 4 4 4 5 5 4 5 4 5 4 5 5 4 4 5 4 5 4 4 5 4 5 5 3 4 5 4 5 4 5 4 5 4 5 5 4 4 4 4 5 4 4 5 3 4 5 4 4 5 4 5 5 4 4 86 75 84 76 79 79 70 75 78 80 78 77 80 79 77 85 75 76 75 80 80 83 70 81 68 74 74 71 79 80 79 76 79 76 82 79 79 82 70 76 Jumlah 3102 Point: SS = 5 S = 4 Rg = 3 TS = 2 ST = 1 Skor maksimal = 5 x 20 x 40 = 4000, dengan ketentuan skor tertinggi setiap butir soal = 5, jumlah butir soal = 20, jumlah responden = 40. Skor hasil pengumpulan data yang diperoleh = 3102. Maka minat belajar siswa menurut 40 orang respon itu adalah = 3102 : 4000 x 100% = 78 % dari standar penelitian. Tabulasi Jawaban 40 Respon tentang Kompetensi Guru Nomor Responden Jawaban Responden Jumlah Skor 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 3 2 1 3 2 2 3 1 2 3 2 3 1 2 2 2 2 2 2 2 1 1 3 3 2 2 2 3 3 1 1 3 3 3 2 2 2 2 3 3 2 2 2 1 1 3 2 3 3 3 2 1 3 2 3 1 1 3 3 2 2 3 3 1 1 2 3 2 3 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 1 3 3 3 2 2 3 2 3 2 3 2 3 2 2 2 3 2 3 2 3 2 3 3 2 2 2 2 2 3 3 3 3 3 1 2 3 2 2 3 2 1 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 1 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 1 2 3 3 3 3 3 2 2 2 1 2 3 2 3 2 2 2 2 2 2 1 1 1 3 3 3 3 3 3 3 2 2 2 2 2 2 2 1 2 2 3 2 2 3 3 3 3 2 3 2 3 2 2 2 2 2 3 3 3 2 3 2 3 2 2 2 2 3 2 2 2 3 3 2 2 3 2 3 3 2 2 2 1 1 2 2 1 1 2 1 2 1 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 1 2 1 2 3 2 3 2 3 2 3 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 3 3 3 3 3 3 3 2 3 2 3 2 1 3 1 2 1 2 1 2 3 2 2 2 2 1 1 1 2 3 3 2 1 2 2 2 2 2 2 1 1 1 2 2 2 2 3 2 2 1 1 3 3 3 2 2 2 1 1 2 3 2 2 3 3 3 2 3 2 3 2 3 2 2 3 2 3 2 2 2 3 3 3 3 2 2 3 2 2 3 2 3 2 2 3 2 2 3 2 2 2 3 3 3 3 3 2 2 2 1 2 3 2 3 2 2 2 2 2 2 1 1 1 3 3 3 3 3 3 3 2 2 2 2 2 2 2 1 2 2 3 2 2 3 3 3 3 2 3 2 3 2 2 2 2 2 3 3 3 2 3 2 3 2 2 2 2 3 2 2 2 3 3 2 2 3 2 3 3 2 3 2 1 3 2 2 3 1 2 3 2 3 1 2 2 2 2 2 2 2 1 1 3 3 2 2 2 3 3 1 1 3 3 3 2 2 2 2 3 3 1 2 1 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 1 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 1 1 3 2 3 3 3 2 1 3 2 3 1 1 3 3 2 2 3 3 1 1 2 3 2 3 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 33 32 30 35 34 36 34 29 36 33 34 32 30 32 33 28 32 34 35 29 30 29 37 35 30 33 36 36 37 31 29 37 35 35 29 32 30 30 31 32 Jumlah 1305 Point: a=3 b=2 c=1 skor maksimal = 3 x 15 x 40 = 1800, dengan ketentuan skor tertinggi butir soal = 3, jumlah butir soal = 15, dan jumlah responden = 40. Skor hasil pengumpulan data diperoleh = 1305. Maka kompetensi guru menurut 40 orang responden itu adalah = 1305 : 1800 x 100% = 73% dari standar. Tabulasi Jawaban 40 Responden tentang Prestasi Belajar Siswa Nomor Responden Jawaban Responden Jumlah Skor 36 37 38 39 40 41 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 5 2 3 4 2 3 3 2 4 5 4 4 2 5 3 2 2 3 2 3 5 4 4 2 4 4 5 3 2 2 3 2 4 4 5 2 3 5 4 3 5 4 3 3 3 2 3 3 3 4 5 3 2 5 4 4 3 4 3 4 5 5 4 4 4 4 3 2 3 3 5 3 2 3 4 4 3 4 3 5 4 4 5 3 4 3 4 5 3 4 2 4 3 4 5 4 5 4 3 3 3 3 5 3 3 3 2 5 4 2 5 5 4 3 2 4 3 3 5 3 5 5 3 4 3 3 5 4 2 3 4 5 4 3 2 5 4 4 3 3 2 5 3 3 4 3 2 4 5 5 3 4 4 5 3 2 3 2 3 3 4 3 4 4 5 3 4 2 2 3 4 2 3 4 3 3 4 2 4 3 2 2 4 3 2 4 4 3 2 2 3 4 4 3 2 4 3 4 2 2 5 4 4 4 4 3 4 5 3 4 5 5 4 5 3 4 4 5 3 3 4 5 5 4 3 3 4 4 5 5 5 4 3 3 4 3 5 4 3 5 28 22 22 22 21 17 23 21 17 23 24 23 18 26 20 22 22 22 18 19 21 24 25 19 20 21 20 21 21 19 24 22 21 21 20 19 20 22 20 21 Jumlah 851 Skor maksimal = 5 x 6 x 40 = 1200, dengan ketentuan skor tertinggi setiap butir soal = 5, jumlah butir soal = 6, dan jumlah respon = 40. Skor hasil pengumpulan data diperoleh = 851, Maka prestasi belajar siswa menurut 40 orang responden itu adalah = 851 : 1200 x 100% = 71%. Nomor Responden Jawaban Responden Jumlah Skor 42 43 44 45 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 3 2 3 2 2 3 2 3 1 3 3 1 1 3 2 3 2 1 2 2 3 1 2 3 2 3 1 2 3 3 2 3 2 3 3 2 3 2 2 2 2 2 3 2 2 1 2 1 3 2 3 2 3 1 2 1 1 3 1 3 3 2 3 2 2 3 1 1 2 3 3 2 1 1 2 2 2 3 3 1 3 1 2 2 2 3 2 1 3 3 2 3 1 3 2 2 1 1 2 3 2 3 1 1 3 2 2 2 1 3 3 3 1 2 2 3 3 2 3 2 1 2 1 3 2 1 2 3 1 1 1 2 2 1 3 3 2 1 2 3 3 2 2 3 1 1 2 3 3 2 1 2 1 3 2 2 1 2 1 3 10 7 9 9 8 8 8 8 9 9 10 8 7 8 9 9 6 6 7 11 11 8 8 9 8 10 6 8 9 11 10 10 5 9 9 9 10 9 9 8 Jumlah 342 Skor maksimal = 3 x 4 x 40 = 480, dengan ketentuan skor tertinggi = 3, jumlah butir soal = 4, dan jumlah responden = 40, Skor hasil pengumpulan data diperoleh = 426. Maka Prestasi Belajar Siswa menurut 40 orang responden itu adalah = 342 : 480 x 100% = 71% dari yang diharapkan. Rata-rata prestasi belajar siswa menurut 40 orang responden dari kedua soal tentang tingkat laba perusahaan adalah (71% + 71%/2) = 71% dari standar. Pembuktian Hipotesis A. Hipotesis Deskriptif 1. Hipotesis 1 diperoleh data minat belajar siswa = 78% H1 > MB
H1 = 80% dari standar

Nilai Hipotesis lebih besar dari Minat Belajar Siswa. Karena perolehan hasil survei tidak begitu jauh dari hasil hipotesis hanya 2% perbedaanya. Maka Hipotesis bisa diterima.

2. Hipotesis 2 diperoleh data kompetensi guru = 73%
H2 < KG H2 = 65% dari standar Nilai Hipotesis lebih kecil dari Kompetensi Guru. Karena perolehan hasil survei dan hasil hipotesis sangat jauh perbedaannya, maka Hipotesis di tolak. 3. Hipotesis 3 diperoleh prestasi belajar siswa = 71% H3 > PB
H3 = 70% dari standar

Nilai Hipotesis lebih besar dari Prestasi Belajar Siswa. Karena perolehan hasil survei tidak begitu jauh dari hasil hipotesis hanya 1% perbedaanya. Maka Hipotesis bisa diterima.

B. Hipotesis Asosiatif
Pada Hipotesis Asosiatif kita menggunakan program SPSS untuk mendapatkan Korelasi antara minat belajar siswa, kompetensi guru dan prestasi belajar siswa.
Untuk menentukan korelasi kuat atau lemahnya hubungan kedua variabel ditentukan dengan angka sebagai berikut :
- 0 – 0,25 : Korelasi sangat lemah (dianggap tidak ada)
- 0,25 – 0,5 : Korelasi cukup
- 0,5 - 0,75 : Korelasi kuat
- 0,75 – 1 : Korelasi sangat kuat
Korelasi dapat positif atau negatif. Korelasi positif menunjukkan arah yang sama hubungan antarvariabel, artinya jika variabel 1 besar, maka variabel 2 semakin besar pula. Sebaliknya, korelasi negatif menunjukkan arah yang berlawanan, artinya jika variabel 1 besar, maka variabel 2 menjadi kecil.
Signifikan hubungan dua variabel dapat dianalisis dengan ketentuan sebagai berikut :
- Jika probabilitas atau signifikansi < 0,05 hubungan kedua bariabel signifikan. - Jika probabilitas atau signifikansi > 0,05 hubungan kedua variabel tidak signifikan.
Hipotesis kedua variabel :
- H0 : Tidak ada hubungan antara variabel 1 dan variabel 2
- H1 : Ada hubungan antara variabel 1 dan variabel 2
Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan kriteria sebagai berikut :
- Jika probabilitas atau signifikansi < 0,05, H0 ditolak dan H1 diterima - Jika probabilitas atau signifikansi > 0,05, H0 diterima dan H1 ditolak.

1. Korelasi Linear (sederhana) :
a. Hubungan antara minat belajar siswa dan prestasi belajar siswa

Jika dilihat dari hasil perhitungan, maka korelasi antara variabel “minat belajar siswa” dengan “prestasi belajar siswa” menunjukkan angka sebesar 0,386. Angka ini menunjukkan adanya korelasi yang cukup dan searah. Ini berarti, jika variabel minat belajar siswa besar, maka varibel prestasi belajar siswa akan semakin besar.
Angka probabilitas dari hasil perhitungan sebesar 0,014 < 0,05, maka H0 ditolak. Artinya ada hubungan antara minat belajar siswa dan prestasi belajar siswa.

b. Hubungan antara kompetensi guru dan prestasi belajar siswa

Jika dilihat dari hasil perhitungan, maka korelasi antara variabel “kompetensi guru” dengan “prestasi belajar siswa” menunjukkan angka sebesar 0,492. Angka ini menunjukkan adanya korelasi yang cukup dan searah.
Angka probabilitas dari hasil perhitungan sebesar 0,001 < 0,05, maka H0 ditolak. Artinya ada hubungan antara kompetensi guru dan prestasi belajar siswa.

c. Hubungan antara minat belajar siswa dan kompetensi guru


Jika dilihat dari hasil perhitungan, maka korelasi antara variabel “minat belajar siswa” dengan “kompetensi guru” menunjukkan angka sebesar 0,515. Angka ini menunjukkan adanya korelasi yang kuat dan searah.
Angka probabilitas dari hasil perhitungan sebesar 0,001 < 0,05, maka H0 ditolak. Artinya ada hubungan antara kompetensi guru dan prestasi belajar siswa.

2. Korelasi Ganda

0 Comments:

Post a Comment

leave comment for this article...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

 
Photobucket