Konsep Dasar Animasi
Pengertian animasi pada dasarnya adalah menggerakkan objek agar
tampak lebih dinamis. Sebelum era komputerisasi seperti sekarang,
animasi merupakan proses yang rumit dan menyita banyak waktu dan
tenaga. Film-film animasi terdahulu menggunakan ratusan sampai
ribuan gambar sketsa tangan untuk membuat sebuah animasi
pergerakan satu-persatu. Tiap gambar bergerak tersebut dikenal
dengan frame. Untuk membuat animasi yang halus pergerakannya
maka dibutuhkan makin banyak gambar.
Setelah era komputer grafik seperti sekarang, proses animasi tidak
lagi merupakan suatu proses yang terlalu rumit. Seorang animator 2D
atau 3D cukup menganimasikan frame awal dan akhir dari suatu
pergerakan animasi, selebihnya komputer akan mengkalkulasi
gerakan di antaranya (dikenal dengan istilah In-Between). Informasi
pergerakan sebuah objek dicatat komputer dengan informasi berupa
keyframe. Jumlah keyframe dan frame di antaranya inilah yang
menentukan halus atau tidaknya sebuah pergerakan animasi.
Maya Unlimited 5.0 dikenal sebagai salah satu perangkat lunak
animasi 3D terbaik yang digunakan dalam film, game, iklan, dan
industri visual lainnya. Sebagai animasi berbasis perangkat lunak,
pergerakan animasi pada Maya menggunakan metode keyframe
sebagai dasar pembuatan animasi.
>>> Download lengkap di sini !!
Loading..
Sponsored By :GoogleAdsense.
0 Comments:
Post a Comment
leave comment for this article...